4 Perbedaan Pakaian Tradisional Hanbok Korea dan Kimono Jepang

Pakaian tradisional merupakan salah satu cerminan atau identitas suatu daerah tertentu. Setiap daerah pasti memiliki ciri khas pakaian adatnya sendiri. Sama halnya seperti pakaian adat yang ada di Jepang dan juga di korea.

Jepang dan Korea, jika dilihat secara samar-samar sebenarnya memiliki banyak kesamaan misalnya dari makanan, alat makan dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki kesamaan, tentu saja Jepang dan Korea memiliki perbedaan salah satunya perbedaan yaitu pakaian adat dari kedua negara ini.

Dikutip dari laman scribd.com, Perkembangan dan jenis-jenis pakaian tergantung pada adat-istiadat, kebiasaan, danbudaya yang memiliki ciri khas masing-masing. Pakaian juga meningkatkan keamananselamat kegiatan seperti hiking dan memasak, dengan memberikan penghalang kulit dan lingkungan.

Seperti yang kita ketahui di Jepang pakaian tradisional disebut dengan Kimono sedangkan di Korea pakaian tradisional disebut dengan Hanbok bagi pakaian adat wanita. Dari segi nama tentulah tentulah terlihat sangat berbeda, namun bagaimana dengan bentuknya. Dikutip dari beberapa situs terdapat perbedaan-perbedaan dari pakaian tersebut, berikut penjelasannya.

1. Sejarah Hanbok dan KimonoDilansir dari lagas.org, pakaian Cina kuno yang disebut ‘hanfu’, adalah asal mula hanbok Korea dan kimono Jepang. Gaun hanfu adalah salah satu gaun Cina kuno yang paling menonjol. Pakaian ini dikenakan oleh orang-orang biasa dari kelompok etnis Han Cina. Disebutkan bahwa “Hanfu meletakkan dasar untuk pengembangan kimono Jepang, ao dai Vietnam dan hanbok KoreaNamun sseperti pakaian lainnya, hanbok dan kimono memiliki bayak perubahan.

2. Keberadaan dua pakaian adat Jepang dan Korea.Banyak orang di Korea yang masih memiliki hanbok dan biasanya mereka pakai untuk berbagai acara. Faktanya, kebanyakan orang Korea memiliki lebih dari satu hanbok. Di sisi lain, ini tidak bisa dikatakan sama untuk kimono di Jepang. Dengan kata lain, keberadaan kimono dengan cepat menghilang sekarang. Hal ini kareana, generasi muda saat ini lebih tertarik dengan street fashion Jepang yang modern dan trendi.

3. Perbedaan desain Hanbok dan Kimono. Desain pada kedua pakaian tradisional tersebut terdiri dari dua potong pakaian. Hanbok tradisional untuk wanita biasanya terdiri dari Jeogori dan Chima. Sedangkan dengan kimono untuk wanita terdiri dari Hadajuban dan kemudian diikuti oleh jenis kimono apapun.

4. Perbedaan warna Hanbok dan Kimono. Warna pada hanbok jika dilihat dari zaman dinasti Chosun yang memakai pakaian berwarna kuning hanya diberikan kepada raja sedangkan rakyat biasa akan mengenakan hanbok dengan warna putih.

Sedangkan dengan Kimono biasanya hadir dalam dua warna yaitu seperti hitam dan putih tetapi dilengkapi dengan pola bunga dan daun yang lebih besar.

ASMA AMIRAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.