Jenis Makanan Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Jika anda sedang mengandung, anda harus memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan anda juga dan janin membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap kuat dan juga sehat.

Ada beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil, seperti misalnya karbohidrat, protein, asam polat, zat besi dan lain lain,

Adapun, untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh anda, disarankan untuk mengkonsumsi makanan tertentu seperti misalnya daging merah, telur, bayam dan sebagainya.

Lalu, apa saja sih jenis makanan zat besi untuk Ibu hamil dan juga makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Makanan Mengandung Zat Besi

Dalam teorinya, jenis zat besi terbagi ke dalam 2 bagian, yakni heme iron dan juga non heme iron.

Heme Iron adalah zat besi yang berasal dari makanan makanan yang bisa dicerna secara cepat oleh tubuh. Jenis ini biasanya berasal dari makanan yang berasal dari hewan hewanan seperti misalnya daging sapi, kambing, ayam ataupun ikan ikanan.

Adapun, non heme iron adalah zat besi yang berasal dari sayur sayuran, buah ataupun makanan yang berbiji seperti kacang-kacangan. Sifat dari non heme iron sulit atau lama untuk dicerna oleh tubuh.

Contoh Makanan Zat Besi

Makanan yang memiliki kadar zat besi tinggi yang berasal dari hewan hewanan diantaranya adalah makanan laut, daging merah tanpa lemak, daging ayam dan lain lain.

 

Adapun, untuk jenis daging merah sendiri, anda bisa mengkonsumsi daging sapi, kambing ataupun domba. Namun, sebelum mengkonsumsi daging pastikan anda tidak memiliki penyakit tertentu yang bisa terkena efek langsung dari pengkonsumsian daging.

Sedangkan, makanan yang berasal dari sayur sayuran yang memiliki kadar zat besi tinggi adalah bayam, kale, brokoli dan juga sayuran berwarna hijau pekat lainnya.

Dari jenis kacang kacangan anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis kacang seperti misalnya kacang panjang, buncis, kacang merah, kacang hitam-putih dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi jenis makanan untuk Bumil yang tersedia dari makanan yang berasal dari sayuran dan juga hewan hewanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.