Deretan Motor Listrik Buatan Indonesia, Ada Karya Eks Insinyur Tesla

Beberapa produsen motor listrik asal Indonesia telah mengeluarkan produk-produk canggihnya dalam beberapa tahun terakhir. Langkah ini sejalan dengan pemerintah Indonesia yang tengah berusaha untuk mengembangkan industri otomotif elektrifikasi.

Meski belum menjadi prioritas bagi masyarakat Tanah Air, namun baru-baru ini motor listrik telah menyita perhatian publik. Salah satunya adalah Atom Alpha, yang beberapa waktu lalu hadir di GIIAS 2021.

Nama motor listrik asal Bandung ini semakin menarik setelah mengetahui diciptakan oleh eks insinyur Tesla asal Indonesia, Niko Questera. Dengan pengalamannya bekerja di perusahaan mobil listrik ternama, Niko mencoba untuk merakit motor listrik dengan teknologi terkini.

Untuk lebih lengkapnya, redaksi Tempo mencoba untuk merangkum deretan motor listrik buatan Indonesia. Berikut ulasannya:

Atom Alpha

Atom Alpha merupakan motor listrik produksi Quest Motors. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kendaraan listrik tersebut diciptakan oleh produsen asal Bandung.

Motor listrik mungil ini tersedia dalam tiga tipe dengan jarak tempuh berbeda, yakni 8, 16, dan 24 kilometer. Baterai yang digunakan adalah jenis lithium cells berbentuk silinder tipe 21700 dengan daya 100-200 Watt.

Gesits

Selanjutnya ada Gesits yang telah hadir sejak dua tahun lalu. Motor listriknya diketahui telah diperkenalkan dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Kendaraan ini dilengkapi dengan baterai 72 volt 20 Ah, dan bisa menempuh jarak hingga 100 km dalam satu kali pengisian daya. Harga motor listrik Gesits tersebut diketahui mencapai Rp 28,7 juta.

Rakata

Rakata ikut meramaikan pasar motor listrik di Indonesia dengan menghadirkan dua model, yakni Rakata X5 dan Rakata S9. Harga skuter listrik ini diketahui senilai Rp 15,6 juta per April 2021.

Untuk tipe pertama, dilengkapi dengan drive train atau motor penggerak berkekuatan 1.750 watt. Sedangkan Rakata S9 dilengkapi dynamo penggerak 800 watt dengan battery Sealed Lead Acid (SLA) 60 Volt 20 Ah.

BF Goodrich BF-Small S

Pada urutan ketiga ada motor listrik BF Goodrich BF-Small S, yang cocok digunakan untuk perjalanan dekat. Motor listrik ini bisa menjadi solusi bagi kaum ibu-ibu yang ingin berbelanja di dekat rumah.

BF Goodrich BF-Small S diketahui memiliki motor listrik berkapasitas 1.000 Watt. Dengan kekuatan itu, kendaraan elektrik ini bisa berjalan hingga 50-55 km. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp 14,8 juta.

United T1800

United T1800 adalah motor listrik yang memiliki bodi besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Sepintas kendaraan elektrik ini mirip dengan Yamaha Lexi atau Honda PCX.

Skuter elektrik ini didukung dengan motor listrik berkapasitas 1.800 Watt, sehingga bisa menghasilkan kecepatan maksimal 70 km/jam. Bicara soal harga, United T1800 dijual senilai Rp 27 juta.

Viar Q1

Viar Q1 merupakan motor listrik yang telah diluncurkan sejak 2017. Meski begitu, skuter elektrik ini terus mendapatkan penyegaran, dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 18 juta.

Motor listrik ini dilengkapi dengan dua buah baterai lithium ion berkapasitas 60 V 23 Ah. Alhasil, Viar Q1 bisa menempuh jarak hingga 120 km dalam satu kali pengisian daya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.