8 Tahap Penulisan Makalah yang Baik dan Benar

Makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah dengan gaya penulisannya tersendiri dan gaya bahasa yang sistematis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sebelum, sedang dan setelah menulis makalah. Dilansir dari thebestschools.org adapun 8 tahap yang dapat membantu Anda membuat makalah yang baik dan benar, diantaranya ialah:

1. Mengenali jenis tugas

Penting bagi Anda untuk mengerti tugas telah diberikan sebelum memulai menulis makalah. Memperhatikan dengan cermat tugas penulisan, petunjuk, dan materi apa yang diminta, serta bagaimana sistem penilaiannya dapat membantu Anda memahami tugas.

2. Menentukan topik makalah

Setelah selesai memahami apa yang akan diminta, maka mulailah memilih topik tugas Anda. Dengan menggunakan panduan yang telah diberikan dapat membantu menentukan topik untuk makalah.

3. Melakukan penelitian

Setelah topik terpilih maka lakukanlah riset. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan riset seperti membaca dengan sekilas. Sebab dalam melakukan penelitian, Anda tidak perlu membaca secara keseluruhan jurnal, artikel ilmiah atau karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan topik Anda. Hal lain yang juga perlu diperhatikan ialah menemukan sumber terpercaya serta tidak mengabaikan informasi sekecil apapun.

Pahami informasi dari segala macam dan jenis sudut pandang serta aliran pemikiran yang berbeda terkait topik makalah Anda. Membaca artikel dan buku dapat membantu memberikan gambaran umum tentang topik Anda.

4. Mengatur riset

Setelah Adna memiliki informasi yang cukup dari berbagai macam referensi maka tinggal mengaturnya, misalnya dituangkan dalam makalah Nada daftra buku, artikel atau sumberaim yang digunakan untuk pembuatan makalah.

5. Membentuk tesis

Tesis sendiri memiliki arti sebagai pernyataan singkat yang peneliti dan penulis ajukan kepada pembaca makalah sebagai bentuk dari apa yang dijelaskan atau dibuktikan. Penulisan tesis dapat diawali dari pertanyaan seperti tentang apa makalah yang Anda buat.

6. Membuat garis besar

Membuat garis besar mengikut kepada pedoman yang telah diberikan akan sangat membantu Anda. Seperti jika diminta membuat kerangka maka sertakan kerangka dalam penulisan makalah Anda. Ketika membuat garis besar, pikerkan secara kritis apa yang coba ingin Anda jelaskan dalam makalah dan dengan penyusunan yang bagaimana agar makalah Anda dan terorganisir dengan jelas, seperti membuat pendahuluan dan kesimpulan.

7. Menulis makalah

Dalam menulis makalah gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar dan membuat judul yang sebaik mungkin. Hindari plagiarisme atau menggunakan kata-kata orang lain tanpa izin saat Anda menuangkan ide atau mencari kutipan-kutipan tertentu. Saat mengutip kata sertakan sumber Anda mengutipnya dan berikan tanda kutip lalu masukkan sumber kutipannya. Namun jika Anda melakukan parafrase maka tidak perlu menuliskan tanda kutip tapi tetap menyertakan sumber kutipan dengan menyebutkan dari mana itu berasal.

8. Mengedit dan memeriksa makalah

Setelah selesai menulis maka lanjutkan dengan mengedit makalah, seperti memperhatikan strukturnya, penulisan kata-latanya, tata bahasanya dan lain sebagainya. Setelah selesai maka baca kembali dan periksa ulang makalah Anda untuk memastikan semuanya sebelum Anda mengumpulkan tugas tersebut.

PUSPITA AMANDA SARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.